7 Cara Merawat Laptop Dengan Baik Agar Awet

no featured image found

Kali sekali beberapa besar orang mengeluhkan mengapa komputer jinjing mereka rusak. Itu karena mereka tidak tahu metode merawat notebook mereka. Mereka cuma bisa menggunakan komputer jinjing mereka tanpa tahu cara merawat notebook itu. Untuk itu, betul-betul disarankan bagi Anda untuk membaca artikel ini.

Hasil gambar untuk merawat laptop

Tujuannya agar Anda dapat merawat komputer jinjing Anda dan notebook Anda malahan tidak mudah rusak sehingga bis diaplikasikan dalam waktu yang lama. Apa saja cara-cara merawat komputer jinjing yang baik ?

#1. Jangan Bermain Game Berat Terlalu Lama

Bermain game berat secara terus-terusan yaitu penyebab paling banyak dari kerusakan laptop. Jikalau cuma main Farm Frenzy berkeinginan main hingga mata ‘ngeriyep’ sih gak ada keadaan sulit. Mengapa jadi keadaan sulit itu bila dipakai untuk bermain game-game berat, seperti GTA V, Watch Dogs, dan lain-lain dalam interval yang cukup lama.

#2. Jauhkan Dari Sesuatu yang Basah

Udah spek pas-pasan, dipaksa main game berat, mainnya lama pula. Kasihan itu notebook. Lantas, apa yang terjadi ? Notebook akan mengalami overheat. Dimana seandainya hal ini dibolehkan terus-menerus terjadi, karenanya akan mengakibatkan kegosongan pada hardware komputer jinjing.

#2. Jauhkan Dari Sesuatu yang Berair

Jinjing itu barang elektronik. Jadi ya benar-benar anti dengan yang namanya air, secara khusus pada air yang mengandung mineral. Soalnya kalo terkena air yang ada kandungan mineralnya bakal korosi pada bagian-bagian tertentu. Jikalau tingkat korosinya banyak, laptop Anda akan rusak. Tukang servis bakal angkat tangan.

Makanya, dikala menggunakan laptop, jauhkan dari barang-barang yang ‘basah’. Takutnya berair-basah itu tadi tumpah, kena laptop, terus airnya masuk ke komponen dalamnya. Kelihatan sepele tapi benar-benar berbahaya bagi keadaan komputer jinjing.

Karena jikalau notebook terkena air, maka akan susah untuk memperbaiki komputer jinjing hal yang demikian, apalagi kalau kadar air yang masuk ke dalam laptop tersebut cukup banyak.

#3. Jangan Dipakai diatas Kasur

Ini nih yang menjadi tradisi banyak orang. Menyimpan komputer jinjing diatas kasur sembari dipakai dapat menghalangi sirkulasi udara di dalam komputer jinjing. Akhirnya hardware daleman akan overheat dan seperti yang saya katakan tadi, bisa berpengaruh kegosongan.

notebook di atas kasur
Itu sebab saat komputer jinjing Anda diterapkan di atas kasur atau di atas tempat-daerah yang tak datar (menghambat keluarnya udara), maka udara panas yang dibuat oleh laptop tersebut tidak bisa keluar dan mengganggu daya kerja perangkat keras dari notebook itu sendiri dan dapat membikin perangkat keras itu rusak.

Entah bagaimana caranya menghindari pengaplikasian di kasur secara permanen. Soalnya saya sendiri juga menyenangi seperti ini. Pemikiran “halah-sekali-sekali” menjadi pegangan setiap aku makai notebook diatas kasur. Tapi “halah-sekali-sekali” ini jikalau jadi berkali-kali juga akan merusak komputer jinjing.

#4. Jangan Menaruh Barang Berat di Atas Laptop

Sebagian orang terbiasa menaruh barang diatas laptop yang sedang nganggur. Mulai dari kertas, pensil, buku, handphone, tablet, dan sebagainya.

Kebiasaan menaruh barang, terutamanya yang berat-berat, maka akan berurusan dengan yang berat juga nanti. Kemungkinan besar yang rusak merupakan layarnya. Jarang-tak jarang aja naruh barang berat, nanti desktopnya bakal ganti tema, dark themes.

Sekiranya udah ganti jadi dark themes, balikin ke defaultnya yang mahal. Tarif-nya variatif, tergantung pada merk komputer jinjing. Kalo si macbook yang rusak ya sudah. Kalo kerjanya enteng lebih baik beli netbook lokal saja, yang 700 ribuan.

 

#5. Jangan Memindahkan Laptop Sewaktu Nyala

Tanpa disadari, kita sudah umum memindahkan laptop dengan keadaan yang masih menyala. Lazimnya ini kita lakukan ideal berharap menunjukkan sesuatu pada seseorang, misal nunjukin hasil kerja ke bos yang jaraknya cukup dekat. Nah, kenapa sih kok tak boleh seperti ini?

Komputer yang menyala, sudah pasti harddisk-nya menyala juga. Harddisk-nya berputar. Nah, ketika piringan harddisk berputar, apabila digerakkan, pasti piringannya juga bakal berubah kemiringannya.

Akibatnya pastinya bakal terjadi goresan pada piringan harddisk. Alhasil, harddisk akan mengalami bad sector, yakni penurunan speed read/write secara signifikan. Jika progres bakalan lemot. Akibatnya kalau Anda rutin menjalankan hal seperti itu, karenanya tinggal menunggu waktu saja laptop Anda bakalan rusak.

#6. Bersihkan ‘Daleman’ Secara Rutin

Bersih-bersih adalah hal yang penting dan sepatutnya dikerjakan secara rutin. Membersihkan notebook dilakukan pada bagian luar dan dalamnya. Jika di bagian luar, dapat dilakukan dengan membersihkan debu-debu yang menempel di jeda-sela tombol keyboard.

Bersihinnya apabila bisa pakai tisu basah, biar tambah bersih. Atau bila tidak ya pakai saja penyedot debu. Untuk bagian dalam agak ribet, kita perlu bongkar casing-nya dahulu.

Seandainya ‘bajunya dilepas’ barulah kita bersihin hardware dalamnya. Sekiranya bersihin jangan pakai tisu berair ya. Terencana kuas saja. Atau kalau tidak ada kuas ya gunakan tisu lazim aja. Bersihkan hingga tak ada debunya. Apabila masih ada debunya ya nanggung, sulit-susah bongkar casing namun tidak optimal.

#7. Bersihkan Layar Laptop Secara Berkala

Padahal
Selain daleman, layar juga perlu dibersihkan. Soalnya waktu Anda pakai notebook, salah satu benda yang paling kita lihat yakni layarnya. Bahkan mungkin kita jikalau pake notebook, tak fokus ke layar bahkan fokus ke yang lain, tombol power semisal.

Apabila layarnya dekil, pasti kita kerjanya juga tak bakal nyaman. Kecil debu-debu di layar tak sampai berkoloni, tetap wajib dibersihkan. Caranya dengan mengelap layarnya, cukup dengan menggunakan tisu saja, tisu umum maupun tisu basah, bukan tisu yang lain.

Kecuali biar nyaman apabila diperhatikan, membersihkan layar itu untuk mencegah debu-debu yang semakin hari kian tak bisa sirna. Si bisa-bisa jadi flek di layar dan itu akan mengganggu penerapan.

Untuk waktu membersihkan layar notebook, sebaiknya minimal 1 pekan sekali. Sekiranya sekiranya belum 1 minggu, layar komputer jinjing Anda telah berdebu, lantas saja bersihkan dengan tisu berair.

#8. Hindari Anak Kecil

Kecuali kecil merupakan ancaman bagi sebagian besar orang yang sering kali berhadapan dengann laptop. Namanya juga buah hati kecil, sedangkan dibilangin tak ada game-nya juga tetep ngeyel ingin bermain game. Jikalau sudah ngeyel bahaya. Gebrak-gebrak-laptop telah menjadi hal lumrah bagi mereka apabila tidak diizinkan bermain game di laptop yang tak ada game-nya.

Kecuali ngeyel berharap bermain game, kadang-kadang si kecil kecil ini mengerjakan hal yang di luar logika kita. Jangan kaget kalau umpamanya komputer jinjing didudukin sama buah hati kecil. Tetapi bila ini cenderung masih bayi, belum tau apa-apa. Tapi ya tetep aja berbahaya.

Jikalau ada buah hati kecil yang apabila memiliki karakter aktif (tak dapat diam), karenanya saya angat menganjurkan Anda untuk menjaga notebook Anda dari jangkauan mereka.

#9. Jangan Browsing dan Download Sembarangan

Web orang pasti benci dengan yang namanya virus atau malware. Kenapa namanya virus pasti mengganggu, tergsntung pada jenjang maksud si pembuatnya aja. Seandainya hanya iseng tidak seberapa bahaya. Tetapi kalo niatnya ngerampok ? Kayak virus itu tuh yang mengunci dan menghasilkan seluruh file sebagai tawanan dan minta sejumlah uang sekiranya berharap dibuka kuncinya.

Pakailah, virus-virus yang ada di komputer itu beberapa besar berasal dari website-laman tidak jelas yang kita akses. Padahal akan menjalankan transfer file (virus) ke komputer pengunjungnya secara tak kasat mata.

Untuk itu, setiap kali browsing di dunia maya, pastikan antivirus hidup dan dapat diaplikasikan. Antivirus ini akan memperingatkan kita kalau website yang akan diakses itu membahayakan. Kalaupun kita lanjut, antivirus akan mencegah pengunduhan gaib itu.

#10. Sebisa Mungkin Memasang Baterai

Bila yang penting dari perangkat portable ialah baterainya, untuk memberi daya ke perangkat agar bisa hidup. Untuk pemakaian notebook, usahakan untuk mengaplikasikan baterai. Jangan segera mengaitkan charger dengan laptop tanpa dipasangi baterai.

Hingga semestinya dipasang baterainya ? Ya sebab untuk menetralisir tegangan listrik yang masuk sehingga perangkat komputer jinjing bisa memperoleh tegangan listrik yang pas dengan kadarnya. Ya itulah makanya sebelum membeli notebook pastikan baterainya itu baterai tanam.

#11. Pemakaian yang Sewajarnya Saja

Jikalau lagi dikejar deadline, jam berapa saja pasti ditempuh. Berapa lama pun pasti akan dikerjain, supaya tak terlambat. Dalam kondisi yang seperti ini, kebanyakan orang-orang akan ‘me-rodi-kan’ notebooknya. Iya, komputer jinjingnya diperintah kerja rodi tanpa ada rehat yang cukup.

memakai komputer jinjing
Secanggih-canggih-nya komputer jinjing, semahal apa saja harganya, juga membutuhkan waktu istirahat. Jangan memforsir laptop dengan menerapkannya secara berkesinambungan tanpa ada jeda diantara job-job yang kita kerjakan.

notebook sebagaimana orang-orang normal menerapkan-nya. Anak deadline telah dekat, bukan menjadi alasan untuk terus memforsir laptop. Bila toh memang waktunya mepet banget, ya pakailah notebook lain. Entah itu pinjem tetangga atau ke warnet, yang penting notebook yang tadi diaplikasikan itu biarkan istirahat dulu.

#12. Jangan Sampai Baterai 0%

Di atas aku telah bilang, gunakanlah notebook sebagaimana orang-orang normal menerapkan-nya. Bila orang gunakan laptop tidak normal biasanya mereka akan pantang shutdown sebelum 0% baterainya.

Jika ini jangan sampai diwujudkan kebiasaan yang terus menerus kita lakukan. laptop hingga mati sebab 0% akan mengurangi daya tahan baterai. Mengapa dulunya bisa tahan hingga 4 jam, karena keseringan dipakai seperti jadinya hanya tahan hingga 1 jam saja. Kan juga menganggu kerjaan nantinya.

Hindarilah menerapkan laptop sampai 0%. Usahakan lantas mematikannya sebelum kekuatan baterai menempuh 20%, agar baterainya lebih awet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *